5 Cara Jitu Cegah Flu di Musim Hujan

- 5 Mei 2023, 08:13 WIB
Ilustrasi flu, simak 5 Cara Jitu Cegah Flu di Musim Hujan
Ilustrasi flu, simak 5 Cara Jitu Cegah Flu di Musim Hujan /Pixabay/Mojca

 

Sumedang Bagus - Musim hujan menjadi penyambut dari awal tahun ini. Curah hujan dan kelembaban yang tinggi tentu menyebabkan netizen perlu beradaptasi dengan musim hujan. Biasanya, flu dan pilek menjadi penyakit yang rutin terjadi dan menyerang daya tahan tubuh kita. Gejala flu yang umum dialami seperti demam, pilek, hidung tersumbat, hingga sakit kepala. Memang flu terlihat seperti gejala batuk pilek biasa, namun flu terasa lebih parah dan menyerang tiba tiba yang tentu perlu anda waspadai.

Flu tentunya memiliki dampak yang tidak sepele, mulai dari melemahkan sistem kekebalan tubuh, menghambat produktivitas, meningkatkan peluang untuk sakit yang lebih parah, dan melemahkan tubuh kita. Hal ini tentu bisa membuat apapun yang kita kerjakan terhambat. Dengan demikian, menjaga imunitas tubuh dalam musim hujan perlu menjadi perhatian penting bagi kita.

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Flu yang menyerang daya tahan tubuh kita di musim hujan tentu saja bisa dicegah dan diatasi. Untuk itu, yuk simak 5 cara jitu untuk mencegah flu di musim hujan berikut ini!

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Cara terbaik untuk menghindari flu adalah memakan makanan yang bergizi. Makanan dengan konsumsi gizi yang seimbang menjadi sumber tenaga tubuh kita untuk melawan flu. Biotizen perlu mengkonsumsi makanan dengan porsi seimbang antara sayur, daging, nasi dan buah supaya terbentuk imun yang kuat.

2. Tidur yang Cukup

Tidur menjadi salah satu cara bagi tubuh kita untuk mengisi tenaga agar dapat menghadapi tantangan di hari selanjutnya. Tidur yang cukup dengan durasi tujuh sampai delapan jam akan membantu tubuh kita untuk memiliki imun yang lebih kuat. Tidur dengan jam yang cukup juga seharusnya membuat tubuh cukup kuat untuk menahan berbagai virus dan bakteri hingga flu yang menyerang di musim hujan.

Halaman:

Editor: Achmad Wirahadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x