Sinergi Makanan: Kombinasi yang Maksimalkan Manfaat Nutrisi bagi Tubuh

- 13 Februari 2024, 08:15 WIB
Susan Bowerman, Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training di Herbalife, membagikan pandangan tentang sinergi makanan, sebuah konsep yang mempertimbangkan dampak kombinasi makanan terhadap penyerapan nutrisi tubuh.
Susan Bowerman, Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training di Herbalife, membagikan pandangan tentang sinergi makanan, sebuah konsep yang mempertimbangkan dampak kombinasi makanan terhadap penyerapan nutrisi tubuh. /FOTO: Shutterstock/Margouillat Photo

SUMEDANG BAGUS - Susan Bowerman, Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training di Herbalife, membagikan pandangan tentang sinergi makanan, sebuah konsep yang mempertimbangkan dampak kombinasi makanan terhadap penyerapan nutrisi tubuh. Berikut adalah lima kombinasi makanan yang dapat memberikan manfaat lebih besar bagi kesehatan tubuh ketika dikonsumsi bersamaan.

  1. Sayuran Berwarna dengan Sedikit Lemak Bowerman menekankan pentingnya senyawa karotenoid dalam buah dan sayuran sebagai antioksidan. Menambahkan sedikit lemak sehat, seperti dari alpukat atau minyak zaitun, ke salad dapat meningkatkan penyerapan karotenoid.

  2. Vitamin C dengan Sayuran dan Biji-bijian yang Mengandung Zat Besi Kombinasi vitamin C, seperti yang terdapat dalam jeruk atau tomat, dengan sumber zat besi non-heme meningkatkan penyerapan zat besi hingga tiga kali lipat. Contohnya, stroberi dapat membantu penyerapan zat besi dari sereal.

  3. Lemon dan Teh Hijau Fitonutrien dalam teh hijau dan antioksidan katekin dapat dilindungi oleh Vitamin C. Menambahkan lemon ke teh hijau meningkatkan penyerapan nutrisi ini.

  4. Ikan dan Sayuran Hijau Menggabungkan ikan berlemak yang menyediakan Vitamin D dengan sayuran hijau yang kaya kalsium, seperti daun lobak dan kale, dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

  5. Campuran Makanan Nabati Makanan nabati, seperti buah, sayuran, dan kacang-kacangan, menyediakan antioksidan terbaik. Mencampur jeruk, apel, anggur, dan blueberry membawa manfaat antioksidan yang lebih besar daripada mengonsumsinya secara terpisah.

Dengan memahami prinsip sinergi makanan, pembaca dapat mengoptimalkan manfaat nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.***

Editor: Helmi Surya

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x