Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

- 16 Desember 2023, 19:18 WIB
Ilustrasi Mengungkap Manfaat Luar Biasa Jahe.
Ilustrasi Mengungkap Manfaat Luar Biasa Jahe. /FOTO: /freepik/jcomp

SUMEDANG BAGUS - Jahe adalah tumbuhan yang memiliki rimpang atau akar yang digunakan sebagai bahan rempah-rempah dan obat tradisional. Nama ilmiahnya adalah Zingiber officinale. Jahe adalah salah satu bahan alami yang cukup populer dan memiliki sejarah penggunaan yang panjang di berbagai bagian dunia, baik sebagai bahan masakan maupun untuk tujuan kesehatan.
Jahe dikenal karena memiliki rasa yang pedas dan aromatik yang khas, sehingga sering digunakan dalam berbagai masakan dan minuman.

Rimpang jahe, bagian yang paling umum digunakan, mengandung senyawa bioaktif seperti gingerol, shogaol, zingiberene, dan zingiberol. Senyawa-senyawa ini memberikan jahe rasa pedas dan juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang memberikan manfaat kesehatan.

Jahe telah digunakan secara tradisional dalam pengobatan di berbagai budaya, terutama untuk meredakan gangguan pencernaan, mual, dan muntah. Selain itu, jahe juga dianggap memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain digunakan dalam masakan, jahe sering dikonsumsi dalam bentuk minuman seperti teh jahe, dan juga tersedia dalam bentuk suplemen atau minyak jahe. Beberapa orang juga menggunakan jahe sebagai bahan dalam produk perawatan tubuh atau untuk pijatan.

Jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

1. Meredakan Mual dan Muntah: Jahe sering digunakan untuk meredakan mual dan muntah, terutama yang terkait dengan mabuk perjalanan, kehamilan, atau efek samping dari pengobatan tertentu.

2. Mengurangi Nyeri Sendi: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mengurangi rasa sakit pada penderita osteoartritis dan rheumatoid arthritis.

3. Antiinflamasi: Jahe mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh.

4. Meningkatkan Pencernaan: Jahe dapat membantu merangsang produksi enzim pencernaan dan mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti kembung.

5. Menurunkan Kolesterol: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh: Jahe mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Baca Juga: Mau Mencoba Diet Enak Bahagia Menyenangkan Ikuti Artikel Ini


Cara menggunakan jahe untuk kesehatan bisa bervariasi. Berikut adalah beberapa cara umum:

1. Minuman Jahe: Minuman jahe hangat dapat dibuat dengan menyeduh potongan jahe segar dalam air panas. Anda juga dapat menambahkan madu atau lemon untuk rasa tambahan.

2. Teh Jahe: Teh jahe dapat dibuat dengan merebus potongan jahe segar dalam air dan menambahkan teh. Ini dapat diminum sebagai minuman harian.

3. Tambahkan ke Masakan: Jahe dapat ditambahkan ke berbagai hidangan masakan, baik yang berkuah maupun yang kering, untuk memberikan rasa dan manfaat kesehatan.

4. Minyak Jahe: Minyak jahe dapat digunakan untuk pijatan atau digunakan dalam masakan untuk menambah aroma dan rasa.

5. Jahe Kering atau Bubuk: Jahe kering atau bubuk dapat digunakan sebagai bumbu dalam masakan atau sebagai tambahan pada minuman.
***

Editor: Helmi Surya

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x