Pemkot Bandung bersama Pemprov Jabar Tertibkan Kawasan Monju

- 13 Januari 2024, 23:50 WIB
Pemkot Bandung bersama pemprov Jabar Tertibkan Kawasan Monju
Pemkot Bandung bersama pemprov Jabar Tertibkan Kawasan Monju /Humas Kota Bandung/

SUMEDANG BAGUS - Mulai Sabtu, 13 Januari 2024, parkir di sekitar kawasan Monumen Perjuangan (Monju) ditertibkan. Bagi kendaraan roda dua, disediakan lahan parkir di Jalan Majapahit atau Gasibu Barat.

Sedangkan kendaraan roda empat bisa parkir di Taman Gentong seberang DPRD Provinsi Jabar dan lapangan sebelah utara Monju yang diakses lewat Jalan Dipatiukur. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna dalam rapat koordinasi bersama Satgasus PKL, Jumat 12 Januari 2024.

"Kita blocking jalan di Tugu Covid-19 dengan truk agar tidak ada parkir liar di sana. Jalan Sentot Alibasya dan Diponegoro juga sudah clear dari PKL dan parkir liar. Kita harus menghadirkan lalu lintas yang lancar,” ucap Ema.

Baca Juga: Gempa Sumedang Menunjukkan Pentingnya Bangunan Kuat dan Tata Ruang Aman

Ia mengatakan, penataan parkir tersebut akan mulai diuji coba pada akhir pekan ini, Sabtu dan Minggu. Selain parkir, PKL pun mulai ditata agar tidak berjualan di kawasan fasilitas umum taman Monju.

"PKL didorong untuk jualan di jalan. Akan kita sediakan lapaknya, bisa bentuk komunal atau sarnafil," ujarnya.

Selain itu, ia juga menyarankan agar area taman yang masih kosong bisa segera ditanami pepohonan berduri agar tidak dimanfaatkan PKL untuk berjualan sembarangan.

"Ini ada di ranah Pemprov. Saran kami, bisa segera ditanami pohon berduri dan dipasang pembatas Satpol PP agar PKL tidak sembarangan berjualan di sana. Pihak Provinsi juga akan mengamankan area tengah agar tidak ada PKL yang berjualan di dalam fasumnya," paparnya.

Ia mengatakan, penataan PKL akan terealisasi di pekan ini. Pihaknya juga akan merancang agar para PKL dikelompokkan sesuai klaster dagangan, sehingga tidak saling bercampur.

Halaman:

Editor: Achmad Wirahadi

Sumber: Humas Kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah