Ribuan Orang Hadiri Milad 1 Tahun Masjid Raya Al Jabbar

- 30 Desember 2023, 16:46 WIB
Masjid Raya Al Jabbar/IG/@kbz.photograph
Masjid Raya Al Jabbar/IG/@kbz.photograph /

SUMEDANG BAGUS -- Setahun sudah Masjid Raya Al Jabbar yang berlokasi di Jalan Cimincrang Kota Bandung diresmikan.  Ribuan jemaah pun menghadiri milad satu tahun Masjid Raya Al Jabbar tersebut pada Sabtu 30 Desember 2023.

Ikon baru yabg berdiri megah di tengah Kota Bandung Jawa Barat tersebut  diresmikan pada 30 Desember 2022. Saat itu, peresmian dilakukan oleh Gubernur periode 2018 - 2023 Ridwan Kamil.

Baca Juga: Kunjungan Masyarakat Ke Masjid Al Jabbar Semakin Meningkat Paska Lebaran

Memperingati milad setahun, berbagai rangkaian kegjatan dilaksanakan di area Masjid Raya Al Jabbar. Bertajuk Sambara atau Satu Tahun Membersamai Masjid Raya Al Jabbar. Kegiatan dimulai sejak subuh hingga malam hari.

Diawali dengan salat subuh berjamaah yang dilanjutkan dengan tausyiah akbar oleh Ustadzah Oki Setiana Dewi dan Ustadz Yayat Ruhiyat, ribuan jamaah hadir. Selain di dalam masjid, di luar pun diramaikan dengan pameran dan bazar, yang berlangsung hingga malam hari.

Plh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Dodo Suhendar mengatakan, Masjid Raya Al Jabbar kini menjadi ikon penting bagi masyarakat Jabar khususnya dan Indonesia pada umumnya. Bahkan masyarakat Asia Tenggara pun sudah mulai mencintai Masjid Raya Al Jabbar. "Datang ke Masjid Raya Al Jabbar menjadi pengalaman ibadah yang indah, menikmati lanskap dan wisata religi dalam satu tempat," tuturnya.

Masjid Raya Al Jabbar yang kini menjadi ikon kokohnya religiusitas masyarakat di Jawa Barat, mampu menampung jsmaah hingga sebanyak 33 ribu hingga 40 ribu orang, 10 ribu di antaranya dapat ditampung di dalam masjid. Didesain oleh mantan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang diinisiasi bersama dengan mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, masjid tersebut dibangun selama lima tahun. Luas masjid adalah 99 x 99 sesuai dengan jumlah asmaul husna.

Luas lahan keseluruhan yang mencapai 21 Ha menunjukkan masjid dibangun pada abad ke -21. Memiliki empat menara dengan ketinggian 99 meter, Al Jabbar merupakan salah satu asmaul husna yang memiliki arti Maha Besar atau Maha Perkasa.

"Siapa saja yang pernah datang ke Masjid Raya Al Jabbar akan memiliki kenangan indah. Mari makmurkan dengan syiar Islam yang semakin kokoh seperti Al Jabbar, " katanya.

Halaman:

Editor: B. Hartati

Sumber: Humas Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah