Erupsi Kembali Terjadi di Gunung Ibu

- 11 Februari 2024, 20:58 WIB
Erupsi di Gunung Ibu Maluku Utara
Erupsi di Gunung Ibu Maluku Utara /Badan Geologi PVMBG

SUMEDANG BAGUS -- Erupsi kembali terjadi di Gunung Ibu Maluku Utara pada Minggu 11 Februari 2024. Pos pengamatan Gunung Api Ibu mencatat, erupsi terjadi pukul 22.10 WIT atau 20.10 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.200 m di atas puncak (± 2.525 m di atas permukaan laut).

Berdasarkan pengamatan Badan Geologi PVMBG, kolom abu di Gunung Ibu terlihat berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya dan barat. Erupsi tersebut terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi ± 1 menit 29 detik.

Baca Juga: Gunung Semeru Kembali Erupsi, Banjir Lahar Dingin Terpantau

Selain itu, teramati pula sinar api tinggi lk. 300 meter diatas puncak. Tak hanya itu, terdengar dentuman kuat sampai di pos pengamatan gunung api Ibu

Badan Geologi PVMBG pun menyatakan, saat ini G. Ibu berada pada Status *Level II (Waspada)*.  Direkomendasikan 
masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung/ wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 2,0 km dan perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif gunung tersebut.

Masyarakat yang beraktivitas di luar rumah pun disarankan untuk menggunakan pelindung mulut (masker) dan mata (kacamata) jika terjadi hujan abu.***

 

Editor: B. Hartati

Sumber: magma esdm.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x