2.093 Calon Mahasiswa Baru Diterima di ITB Lewat Jalur SNBP 2023

- 28 Maret 2023, 19:02 WIB
Kampus ITB
Kampus ITB /Budi Hartati/Humas ITB

Sumedang Bagus,- Setelah pelaksanaan tes terhadap 15.451 pendaftar, akhirnya Institut Teknologi Bandung (ITB) mengumumkan penerimaan calon mahasiwa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023.

ITB menerima 2.093 calon mahasiswa baru program sarjana yang berasal dari 24 provinsi di Indonesia, melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023. Kelulusan mereka bisa diakses melalui laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau https://snbp.itb.ac.id, mulai Selasa 28 Maret 2023.

Dari rilis Humas ITB terungkap, di antara 2.093 orang calon mahasiswa yang diterima tersebut, terdapat 222 orang yang merupakan calon penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

Sementara itu, ITB kampus Cirebon menerima 49 mahasiswa asal Cirebon dan sekitarnya dari 202 total mahasiswa baru ITB kampus Cirebon yang diterima melalui SNBP 2023. Angka itu sekitar 24,3% dari jumlah keseluruhan mahasiswa yang diterima ITB melalui jalur SNBP 2023.

Penerimaan itu sejalan dengan misi pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul, akses dan pemerataan pendidikan tinggi, serta mendorong pengembangan kawasan dan percepatan pembangunan, terutama di daerah Cirebon, Indramayu, Majalengka,  Kuningan, dan sekitarnya.

Baca Juga: Pemkab Sumedang Serahkan Bonus Kepada Atlet Peraih Medali di Peparda VI Jabar 2022

Perbandingan jumlah mahasiswa dan mahasiswi yang diterima ITB melalui jalur SNBP yaitu sebesar 40:60. Beberapa Fakultas/Sekolah yang diminati oleh para siswa tersebut diantaranya STEI-Komputasi,
FTTM, SBM, FTI, FSRD dan SF.

Dalam rilisnya, Humas ITB menyatakan, Para mahasiswa baru yang dinyatakan lulus SNBP 2023 harus mendaftar ulang pada tanggal 4 hingga 14 April 2023 secara daring.Informasi mengenai pelaksanaan dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/hasil-seleksi.

Selain itu, mulai tahun ajaran 2023/2024, ITB akan menyelenggarakan Program Tahap Pertama Bersama (TPB) di ITB Kampus Jatinangor. Seluruh kegiatan akademik tahun pertama akan dilaksanakan di ITB Kampus Jatinangor.

Halaman:

Editor: Budi Hartati

Sumber: ITB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x