Tanda Kemunculan dan Ciri Fisik Imam Mahdi

- 28 Desember 2023, 19:51 WIB
Ilustrasi - Inilah ciri-ciri fisik Imam Mahdi berdasarkan petunjuk Rasulullah SAW
Ilustrasi - Inilah ciri-ciri fisik Imam Mahdi berdasarkan petunjuk Rasulullah SAW /Tangkapan layar Instagram.com/@army_of_imam_mahdi

SUMEDANG BAGUS - Waktu yang sangat dinanti oleh orang beriman adalah kedatangan Imam Mahdi. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memberi kabar gembira bahwa Imam Mahdi akan muncul di akhir zaman, sebelum turunnya Nabi Isa. Hal ini terangkum dalam hadis riwayat Tirmidzi nomor 2230, dari 'Abdullah bin Mas'ud.

لاَ تَذْهَبُ الدُّنْيَا حَتَّى يَمْلِكَ الْعَرَبَ رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ بَيْتِى يُوَاطِئُ اسْمُهُ اسْمِى

Artinya: "Dunia ini tidak akan sirna hingga seorang pria dari keluargaku yang namanya sama dengan namaku (yaitu Muhammad) menguasai Arab." Lantas di mana Imam Mahdi akan muncul? Adapun kemunculan Imam Mahdi bukan karena kehendaknya sendiri, melainkan karena sudah digariskan oleh Allah SWT. Dalam kemunculannya, Imam Mahdi bahkan tidak menyadari bahwa ia adalah Imam Mahdi.

Setelah diceritakan oleh Allah SWT dalam semalam, Imam Mahdi baru menyadari bahwa dia sebenarnya adalah utusan untuk menegakkan keadilan. Munculnya Imam Mahdi ditandai oleh kondisi bumi yang mengalami kerusakan, dan sosoknya dijanjikan akan muncul di Madinah setelah kematian seorang pemimpin. Meskipun tidak ada informasi jelas mengenai lokasi pasti kemunculan Imam Mahdi, Allah SWT telah menetapkan tanda-tanda yang mengiringi kemunculannya di Bumi.

Tanda-Tanda Kemunculan Imam Mahdi

Beberapa tanda kemunculan Imam Mahdi, sebagaimana dijelaskan oleh para ulama, antara lain:
1. Sungai Eufrat akan terbelah, dan dari peristiwa ini akan muncul sebuah bukit emas.
2. Terjadinya gerhana bulan pada malam pertama bulan Ramadan, diikuti oleh gerhana matahari pada pertengahan bulan tersebut. Kedua gerhana ini merupakan peristiwa langka yang tidak pernah terjadi sejak Allah menciptakan langit dan bumi.
3. Terbitnya tanduk yang memiliki dua ujung.
4. Terbitnya sebuah bintang yang memiliki ekor bercahaya.
5. Munculnya api besar dari arah timur selama tiga atau tujuh malam.
6. Terjadi kegelapan di langit.
7. Corak warna merah yang muncul dari langit dan menyebar ke ufuk-ufuknya, namun warna merah tersebut tidak seperti warna matahari terbenam.
8. Suara seruan yang terdengar oleh seluruh penduduk bumi dalam bahasa mereka masing-masing.
Tanda-tanda ini diharapkan akan muncul sebagai pertanda kemunculan Imam Mahdi dan perubahan besar yang akan terjadi di dunia.

Ciri-Ciri Fisik Imam Mahdi

Ciri-ciri Imam Mahdi Ciri fisik Imam Mahdi disebutkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam hadis riwayat Daud nomor 4285. Dari Abu Sa'id Al Khudri, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

الْمَهْدِىُّ مِنِّى أَجْلَى الْجَبْهَةِ أَقْنَى الأَنْفِ

Artinya: "Imam Mahdi adalah keturunanku. Dahinya lebar (atau rambut kepala bagian depannya tersingkap) dan hidungnya mancung." Kemunculan Imam Mahdi membawa kemakmuran dan keadilan bagi dunia, berbeda dengan masa-masa sebelumnya. Keturunan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam itu akan berkuasa selama 7 atau 9 tahun. Kepemimpinan Imam Mahdi membawa berkah, Allah menurunkan hujan dan menumbuhkan tanaman di Bumi, harta akan dibagi secara merata. Selain itu, binatang ternak juga semakin banyak.

Kendati demikian, tidak ada riwayat sahih kapan dan di mana Imam Mahdi akan muncul. Kendati demikian, Ibnu Katsir Dalam sebuah riwayat disampaikan bahwa Nabi Isa akan salat di belakang Imam Mahdi. Dari Jabir bin 'Abdillah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

لاَ تَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ أُمَّتِى يُقَاتِلُونَ عَلَى الْحَقِّ ظَاهِرِينَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ – قَالَ – فَيَنْزِلُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ -صلى الله عليه وسلم- فَيَقُولُ أَمِيرُهُمْ تَعَالَ صَلِّ لَنَا. فَيَقُولُ لاَ. إِنَّ بَعْضَكُمْ عَلَى بَعْضٍ أُمَرَاءُ. تَكْرِمَةَ اللَّهِ هَذِهِ الأُمَّةَ

Artinya: Sekelompok dari umatku ada yang akan terus membela kebenaran hingga hari kiamat. Menjelang hari kiamat turunlah ’'Isa bin Maryam. Kemudian pemimpin umat Islam saat itu berkata, "(Wahai Nabi Isa), pimpinlah shalat bersama kami." Nabi Isa menjawab, "Tidak. Sesungguhnya sudah ada di antara kalian yang pantas menjadi imam (pemimpin). Sungguh, Allah telah memuliakan umat ini".***

وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَابِ

Wallahu A'lam Bishawab

 

https://www.pikiran-rakyat.com/khazanah-islam/pr-017481612/lokasi-dan-ciri-ciri-kemunculan-imam-mahdi

Editor: Helmi Surya

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x