Pj SekdaJabar Apresiasi Inovasi Pelajar Jabar untuk Dipamerkan di Hari Pendidikan Nasional

- 22 Februari 2024, 16:21 WIB
Pj Sekda Jabar Taufiq Budi Santoso saat menghadiri Forum Perangkat Daerah di Disdik Jawa Barat
Pj Sekda Jabar Taufiq Budi Santoso saat menghadiri Forum Perangkat Daerah di Disdik Jawa Barat /Humas Jabar

SUMEDANG BAGUS -- Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Taufiq Budi Santoso menyatakan kekagumannya terhadap inovasi-inovasi pelajar di Jabar yang dipamerkan dalam rangkaian giat bersama SKPD Dinas Pendidikan di Mercure Hotel Setiabudi, Kota Bandung, pada Rabu 21 Februari 2024.  Inovasi-inovasi yang ditampilkan diantaranya penguat sinyal wifi, solar panel, printer tiga dimensi, dan teknologi persilangan tanaman anggrek. Taufiq pun mendorong Dinas Pendidikan Jabar untuk memamerkan inovasi pelajar tersebut dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional.

Baca Juga: Indonesia Butuh Riset dan Inovasi di Pertanian untuk Bibit Unggul

"Jadi, Pak Kadis tadi sudah setuju, mudah-mudahan nanti pada Hari Pendidikan, bisa diadakan pameran. Nanti kita lakukan pertemuan antarsekolah juga dengan para pengusaha untuk nanti bisa mempromosikan dan memproduksi itu secara masif," ucap Taufiq.

Menurut Taufiq, inovasi luar biasa dari para pelajar harus diapresiasi dengan baik. Hal itu karena, inovasi-inovasi yang dihadirkan dapat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat.

"Ini tentunya teknologi yang sederhana yang bisa kita manfaatkan untuk kepentingan masyarakat juga," tuturnya.

Taufiq menyatakan, dengan apresiasi yang baik, pelajar lainnya di Jabar akan termotivasi untuk melahirkan inovasi-inovasi yang luar biasa. "Ini sungguh luar biasa, dan untuk adik-adik ini tadi saya juga bicara dengan Pak Kadisdik, ini harus diekspos kepada masyarakat apa yang menjadi prestasi, inovasi, kreativitas dari adik-adik, siswa SMA, SMK, SLB, pertemukan nanti supaya teknologi yang sudah ada bisa diproduksi massal," kata Taufiq.

Selain itu, Taufiq menuturkan, solar panel hasil karya pelajar SMK Gema Nusantara 1 Pabuaran Kabupaten Subang sudah digunakan di sekolah dan dapat mengurangi biaya listrik sekolah. Karenanya, ia mendorong agar inovasi tersebut disinergikan dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jabar agar dapat diterapkan di sekolah lain.

"Solar panel ini sudah ada dan sudah diaplikasikan di SMK dan dibuat sendiri oleh anak-anak kita, siswa kita, adik-adik kita, di Subang. Luar biasa sekali," ujar Taufiq.***

Editor: B. Hartati

Sumber: Humas Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x