Desa Sukasirnarasa Raih Penghargaan Nasional dalam Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana

- 19 Mei 2024, 21:54 WIB
Desa Sukasirnarasa di Kecamatan Rancakalong telah mendapatkan apresiasi sebagai Terbaik ke-3 dalam penilaian Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (GKSTTB) Tingkat Nasional untuk Kategori Peduli Stunting.
Desa Sukasirnarasa di Kecamatan Rancakalong telah mendapatkan apresiasi sebagai Terbaik ke-3 dalam penilaian Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (GKSTTB) Tingkat Nasional untuk Kategori Peduli Stunting. /FOTO: sumedangkab.go.id


SUMEDANG BAGUS - Desa Sukasirnarasa di Kecamatan Rancakalong telah mendapatkan apresiasi sebagai Terbaik ke-3 dalam penilaian Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (GKSTTB) Tingkat Nasional untuk Kategori Peduli Stunting. Penghargaan ini berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat dengan Nomor 009/KEP/PKK.Pst/V/2024, yang ditandatangani oleh Tri Suswati Tito Karnavian pada tanggal 8 Mei 2024.

Ketua Tim Penggerak PKK Sumedang, Yeyet Nurhayati Yudia Ramli, menyatakan kebanggaannya atas prestasi tersebut. "Tentu ini suatu prestasi yang sangat membanggakan bagi warga Sumedang. Ini adalah hasil kerja keras dan kerja bersama. Saya ucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat," ujar Yeyet, Minggu (19/5/2024).

Untuk meraih capaian ini, Desa Sukasirnarasa melalui berbagai tahapan seleksi yang lancar, mulai dari proses seleksi tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga nasional. Setelah diusulkan oleh provinsi, proses dilanjutkan dengan verifikasi tahap I, pengisian kuesioner, konfirmasi validasi eviden dan wawancara, observasi lapangan, verifikasi tahap II, penilaian nasional berupa Survei Kepuasan Masyarakat, hingga ekspos dengan tim penilai dari Kementerian/Lembaga.

Yeyet menyebutkan bahwa Desa Sukasirnarasa terpilih mewakili Provinsi Jawa Barat untuk menjadi Pilot Project pelaksanaan GKSTTB dengan memilih Kategori Peduli Stunting dari sembilan Kategori Pilot Project yang ada.

GKSTTB bertujuan untuk mewujudkan keluarga dan lingkungan yang sehat melalui program Pilot Project di bidang kesehatan, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat. "GKSTTB menggerakkan, mengedukasi serta membina seseorang, keluarga, atau masyarakat agar mampu menolong dirinya sendiri dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan dan perencanaan sehat dari aspek fisik manusia maupun lingkungannya," jelas Yeyet.

Penghargaan ini menunjukkan komitmen Desa Sukasirnarasa dalam mengatasi masalah stunting dan membangun komunitas yang tangguh terhadap bencana. Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Indonesia untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakatnya.***

Editor: Helmi Surya

Sumber: sumedangkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah