Kabupaten Sumedang: Mengapa Ada Surplus 15,6 Juta Ekor Ayam Potong setiap Tahun

- 12 Februari 2024, 19:34 WIB
/FOTO: sumedangkab.go.id

 

 

SUMEDANG BAGUS - Menurut data dari Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang, setiap kali panen di daerah ini menghasilkan sekitar 2,6 juta ekor ayam potong. Dengan rata-rata enam kali panen setiap tahun, kabupaten ini mencapai surplus produksi ayam potong sebanyak 15,6 juta ekor.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Diskanak, Mursjid Abdullah, menyatakan bahwa kebutuhan harian ayam potong di Sumedang mencapai 20.000 ekor. "Rata-rata kebutuhan harian mencapai sekitar 20.000 ekor, yang setara dengan 7,3 juta ekor per tahun," ungkap Mursjid pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Baca Juga: Kembali Meletus, Gunung Semeru Lontarkan Abu Setinggi 800 meter

Produksi ayam potong di Sumedang tidak hanya memenuhi kebutuhan lokal tetapi juga melampaui, bahkan dapat dikirim ke luar daerah. Fenomena melimpahnya produksi ayam potong ini dapat diatributkan kepada peningkatan jumlah peternakan ayam potong di berbagai wilayah Sumedang, termasuk di Kecamatan Surian.

Dengan surplus yang signifikan, Sumedang menjadi salah satu produsen utama ayam potong, membuktikan potensi besar dalam industri peternakan di wilayah tersebut.***

Editor: Helmi Surya

Sumber: sumedangkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x