Cek Fakta di Balik Thailand Milk Bun yang Lagi Viral

- 11 Februari 2024, 15:24 WIB
Salah satu kreasi Thailand Milk Bun
Salah satu kreasi Thailand Milk Bun /IG After You Cafe

SUMEDANG BAGUS -- Setelah cromboloni, kini ada lagi kuliner yang lagi viral dibahas di media sosial seperti TikTok dan instagram. Thailand Milk Bun atau Roti Susu Thailand kini tengah booming dan dicari-cari oleh netizen penggemar kuliner unik di Indonesia. Bahkan, saking viralnya, tak jarang ada saja pencinta kuliner yang sampai menggunakan jastip untuk membeli roti manis berbedak tersebut langsung ke tokonya di Thailand, yaitu di Cafe After You.

Tapi, kini tak jarang juga ada koki-koki atau chef asal Indonesia yang membuat Thailand Milk Bun dengan rasa yang katanya tak kalah enak dengan yang aslinya. Sebagian koki pun menyajikan resep tersebut di akun sosmed mereka agar masyarakat awam bisa mencoba memasaknya tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi untuk membeli roti tersebut.

Baca Juga: Asyik, Sudah Ada Tempat Makan yang Menjual Cromboloni di Sumedang

Thailand Milk Bun memiliki tekstur yang lembut dengan isian semacam fla dengan berbagai rasa. Di atasnya biasanya ditaburi susu bubuk dicampur gula sehingga membuatnya berpenampilan seperti menggunakan bedak. Tapi, ada juga varian rasa yang menggunakan coklat leleh atau nutela di atas roti tersebut.

Roti tersebut memiliki tekstur yang lembut karena menggunakan bahan tang zhong atau water roux, yaitu campuran antara tepung dan susu atau air biasa dengan perbandingan tertentu yang dimasak dengan suhu tertentu dan dibiarkan sampai beberapa jam. Baru, setelah itu, tang zhong starter atau water roux tersebuut ditambahkan ke dalam adonan roti dengan perbandingan tertentu.

Perbedaan dengan Japanese Milk Bun

Selain Thailand Milk Bun sebenarnya sudah muncul terlebih dulu Japanese Milk Bun. Tapi, ada perbedaan yang signifikan antara Thailand Milk Bun dengan Japanese Milk Bun atau Japanese Milk Bread.

Thailand Milk Bun seringkali disebut snow bun atau roti salju karena taburan susu bubuk dicampur gula halus yang melimpah di atasnya. Tak hanya itu, Thailand Milk Bun memiliki berbagai varian rasa yang berasal dari isiannya. Isian di dalam Thailand Milk Bun umumnya memiliki tekstur lembut pula berupa fla atau diplomat cream. Bahkan sebagian orang yang mencoba roti tersebut menyatakan jika isian Thailand Milk Bun mirip dengan es krim.

Sementara itu, Japanese Milk Bun tidak menggunakan susu bubuk melainkan hanya susu cair. Pembuatan Japanese Milk Bun pun menggunakan tepung khusus yang lebih halus dan beraroma wangi. Selain itu, Japanese Milk Bun tidak memiliki isian seperti halnya Thailand Milk Bun.***

Halaman:

Editor: B. Hartati

Sumber: Dari Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x