Pemkab Sumedang Koordinasi dengan Kementerian PUPR untuk Perbaikan Bendung Cariang

- 21 Februari 2024, 22:13 WIB
Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang terus berupaya memperbaiki Bendung Cariang di Ujungjaya.
Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang terus berupaya memperbaiki Bendung Cariang di Ujungjaya. /FOTO: sumedangkab.go.id

 

SUMEDANG BAGUS - Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang terus berupaya memperbaiki Bendung Cariang di Ujungjaya. Bendung yang membendung Sungai Cipelang ini beberapa kali mengalami kebocoran akibat banjir bandang. Selain mengajukan permohonan bantuan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemkab Sumedang juga meminta dukungan perbaikan dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR.

Langkah-langkah ini dibahas dalam pertemuan Pj. Bupati Sumedang, Herman Suryatman, saat melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Sekretaris Ditjen Sumber Daya Air, Airlangga Mardjono, di Kementerian PUPR pada Selasa (20/2/2024).

Herman Suryatman menyatakan bahwa Bendung Cariang memiliki peran strategis karena mampu mengairi 1.603 hektar sawah di enam desa di Kecamatan Ujungjaya. Namun, selama tiga tahun, Bendung Cariang belum mengalami perbaikan permanen. Perbaikan sementara dilakukan dengan membuat tanggul darurat oleh para petani dengan dukungan pemerintah daerah.

Baca Juga: Pasar Murah di Sumedang, Upaya Pemerintah untuk Stabilkan Pasokan Bahan Pokok

Akibat kebocoran Bendung Cariang, 1.603 hektar sawah yang dikelola oleh sekitar 5.000 petani mengalami dampak serius. "Bendung Cariang beberapa kali mengalami kebocoran, dan akibatnya 1.603 hektar sawah serta sekitar 5.000 petani terdampak. Ini sudah tiga tahun belum diperbaiki secara permanen, hanya tindakan darurat dengan membuat tanggul untuk memastikan air masuk ke saluran irigasi. Oleh karena itu, setiap musim tanam, para petani menghadapi kendala," ujarnya.

Herman menyatakan bahwa pertemuan tersebut menjadi salah satu upaya untuk mencari solusi terhadap permasalahan Bendung Cariang di Ujungjaya. "Alhamdulillah, Ditjen SDA Kementerian PUPR sangat responsif, dan mereka berkomitmen untuk membantu memperbaiki Bendung Cariang pada tahun 2024 ini," ungkapnya.

Setelah mendengarkan penjelasan Pj Bupati Herman, Sekretaris Ditjen Sumber Daya Air, Airlangga Mardjono, menyatakan bahwa pihaknya akan berusaha membantu dalam perbaikan Bendung Cariang. "Kami akan berupaya untuk membenahi Bendung Cariang agar bisa diselesaikan. Meskipun kewenangan Bendung Cariang ada di tangan Pemprov Jabar, kami sepakat bahwa perbaikan tersebut akan selesai pada tahun ini," katanya.***

Editor: Helmi Surya

Sumber: sumedangkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x