Pemilu 2024 Sumedang: 'Mantap' dengan Aman, Transparan, Akuntabel, dan Partisipatif

- 12 Februari 2024, 19:53 WIB
Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Sumedang diambil dengan tagline "Mantap," yang merupakan kepanjangan dari Aman, Transparan, Akuntabel, dan Partisipatif.
Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Sumedang diambil dengan tagline "Mantap," yang merupakan kepanjangan dari Aman, Transparan, Akuntabel, dan Partisipatif. /FOTO: sumedangkab.go.id

SUMEDANG BAGUS - Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Sumedang diambil dengan tagline "Mantap," yang merupakan kepanjangan dari Aman, Transparan, Akuntabel, dan Partisipatif. Pj. Bupati Sumedang, Herman Suryatman, menyampaikan hal ini dalam Zoom Meeting Persiapan Masa Tenang dan Penghitungan Suara Pilpres dan Pileg Tahun 2024 pada Minggu malam, 11 Februari 2024.

"Aman artinya bagaimana pelaksanaan Pemilu di 26 Kecamatan, 270 Desa, dan 7 Kelurahan aman dari ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan," kata Herman. Ia meminta semua pemangku kepentingan untuk bekerja sama dalam memitigasi berbagai ancaman, termasuk dari bencana alam pada hari pelaksanaan Pemilu.

Herman juga mengingatkan pentingnya transparansi dalam seluruh proses Pemilu. Semua informasi harus terbuka, kecuali informasi yang dikecualikan. Ia menekankan bahwa transparansi menjadi kunci dalam menjalankan prinsip demokrasi.

Baca Juga: Pj. Bupati Sumedang Hadiri Hari Pers Nasional 2024, Sambut Era Society 5.0

Akuntabilitas juga menjadi fokus, di mana setiap pihak yang terlibat, mulai dari PPK, Panwas, PPS, KPPS, hingga camat dan jajaran, harus melaksanakan tugas sesuai dengan fungsinya masing-masing dan dapat dipertanggungjawabkan. Herman menegaskan perlunya mengikuti petunjuk teknis dan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan.

Dalam aspek partisipatif, Herman berharap tingkat kehadiran pemilih sangat tinggi, mencapai angka 90 persen. Camat diharapkan untuk mengedukasi masyarakat, memberikan pemahaman, dan memberikan sosialisasi agar semua yang memiliki hak suara hadir di TPS.

Herman juga mengimbau agar warga yang masih berada di luar daerah untuk pulang dan menyalurkan aspirasi politiknya. "Jangan sampai masyarakat tidak menyalurkan aspirasi karena satu dan lain hal," katanya.***

Editor: Helmi Surya

Sumber: sumedangkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x