Mode Gelap Mengurangi Ketegangan Mata, Ahli Jelaskan dari Teori hingga Manfaat Kesehatan

- 12 April 2021, 17:00 WIB
Ilustrasi: mode gelap dalam layar ponsel disebut dapat mengurangi ketegangang mata, sehingga ahli jelaskan dari teori hingga manfaat kesehatan.*
Ilustrasi: mode gelap dalam layar ponsel disebut dapat mengurangi ketegangang mata, sehingga ahli jelaskan dari teori hingga manfaat kesehatan.* /- Foto: Tangkapan layar WhatsApp

PR SUMEDANG - Seperti diketahui, pengaturan default pada kebanyakan perangkat adalah untuk menampilkan teks hitam dengan latar belakang putih, tetapi menyetel perangkat Anda ke mode gelap berarti perangkat akan menampilkan teks putih dengan latar belakang gelap.

Penggunaan mode gelap dimaksudkan untuk mengurangi paparan cahaya biru dan membantu mengatasi ketegangan mata yang muncul dalam waktu layar yang lama.

Namun tidak ada bukti pasti yang menunjukkan bahwa mode gelap dapat mengatasi ketegangan mata, tetapi mari kita lihat apa yang kita ketahui dan tidak ketahui tentang mode gelap.

Baca Juga: Jelang Ramadhan 1442 H, WHO Umumkan Panduan Aman Pelaksanaan Ibadah di Masa Pandemi Covid-19

Hubungan cahaya biru dalam mode gelap dengan ketegangan mata

Untuk memahami apakah mode gelap memiliki manfaat kesehatan, pertama-tama kita harus mempertimbangkan cara cahaya biru memengaruhi mata kita.

Melansir dari Healthline, gelombang cahaya biru dipancarkan dari perangkat layar, tetapi cahaya biru terutama berasal dari matahari, menyebar ke atmosfer kita, dan mewarnai langit kita menjadi biru.

Gelombang ini memiliki lebih banyak energi daripada warna cahaya lain dan mengirimkan sinyal ke otak kita bahwa ini adalah siang hari.

Baca Juga: Ramadhan 1442 H, Berikut Ini Bacaan Niat dan Doa Salat Witir Lengkap dengan Artinya

Meskipun baru sekarang mulai memahami efek samping dari paparan cahaya biru yang berlebihan dari layar, Anda dapat membayangkan mengapa hal itu mulai membingungkan mata Anda.

Halaman:

Editor: Khairunnisa Fauzatul A

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X