Tips Mengatasi Stres Pasca-Pemilu: Relaksasi dan Pengendalian Pikiran

- 18 Februari 2024, 09:10 WIB
Ilustrasi stress.
Ilustrasi stress. /Shutterstock/Burdun Iliya/FOTO: Shutterstock/Burdun Iliya

SUMEDANG BAGUS -  Pasca-pemilu, banyak masyarakat yang terlibat dalam proses politik merasakan tegang dan stres, terutama jika calon yang didukung tidak memenangkan kursi yang diinginkan. Kekecewaan ini dapat berdampak pada kesejahteraan mental. Dalam menghadapi situasi ini, pakar Psikologi Sosial dari Universitas Indonesia, Dicky C. Pelupessy, menyarankan beberapa langkah untuk meredakan stres dan menjalani situasi dengan lebih tenang.

Salah satu tips yang diberikan adalah melakukan relaksasi stres dengan cara sederhana, seperti teknik pernapasan. Dicky menekankan pentingnya untuk tidak terlalu terfokus pada hal-hal yang membuat stres dan mengganggu pikiran. Relaksasi juga dapat dilakukan sesuai dengan preferensi masing-masing, seperti mendengarkan musik, berkebun, atau menonton film lucu.

Pentingnya pengendalian pikiran juga disoroti. Dicky menekankan bahwa mengendalikan pikiran dari pemikiran yang membebankan adalah kunci. Pikiran yang dapat dikendalikan dengan baik membantu menjaga keseimbangan hidup, terutama dalam menghadapi hasil pemilu yang mungkin tidak sesuai harapan.

Meskipun perjuangan politik penuh harapan, hasil yang tidak sesuai harapan tidak boleh membuat stres berlarut-larut. Masyarakat diingatkan untuk menerima kenyataan, meredakan stres, dan fokus pada kehidupan sehari-hari yang seimbang.***

Editor: Helmi Surya

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x