Lari sebagai Terapi Pengobatan Kecemasan dan Depresi

- 18 Februari 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Orang melakukan lari.
Ilustrasi - Orang melakukan lari. /FOTO: ANTARA/Pexels/Taryn Elliott.

SUMEDANG BAGUS - Aktivitas fisik secara teratur telah lama diketahui memiliki dampak positif pada kesehatan mental, dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa lari dapat menjadi pilihan yang efektif dalam pengobatan kecemasan dan depresi. Dalam sebuah studi yang dimuat di Journal of Affective Disorders, 141 pasien dengan depresi dan/atau kecemasan diberikan pilihan antara antidepresan SSRI (inhibitor reuptake serotonin selektif) atau terapi lari berbasis kelompok selama 16 minggu.

Profesor Brenda Penninx, dari Vrije University di Amsterdam, menyatakan, "Penelitian ini memberi orang-orang yang cemas dan depresi pilihan dalam kehidupan nyata, pengobatan atau olahraga. Menariknya, mayoritas memilih untuk berolahraga."

Meskipun mayoritas pasien memilih olahraga, penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang mengikuti terapi lari memiliki tingkat kepatuhan yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok antidepresan. Hanya 52 persen dari kelompok lari yang tetap patuh terhadap terapi, sedangkan tingkat kepatuhan mencapai 82 persen pada kelompok antidepresan.

Baca Juga: Song Hye-kyo Kembali ke Layar Lebar Korea dalam Film Thriller Supernatural 'Dark Nuns' Setelah 10 Tahun

Pada akhir uji coba, sekitar 44 persen pada kedua kelompok menunjukkan perbaikan dalam gejala depresi dan kecemasan. Hasil ini menyoroti pentingnya memberikan pilihan kepada pasien dalam pengobatan mereka, namun juga mencatat tantangan terkait kepatuhan terhadap terapi olahraga dibandingkan dengan penggunaan antidepresan.

Meskipun demikian, temuan ini menegaskan bahwa olahraga, termasuk kegiatan sederhana seperti lari, dapat menjadi bagian integral dari strategi pengobatan untuk kesehatan mental. Peran pasien dalam memilih metode pengobatan yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka juga harus dipertimbangkan secara serius.***

Editor: Helmi Surya

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x