Cara Menghadapi Teror Debt Collector

- 7 Juni 2023, 10:12 WIB
/Finansial Bisnis

SUMEDANG BAGUS - Berurusan dengan penagih utang atau debt collector pinjaman online memang membuat jantung berdebar-debar. Sejumlah orang sampai stress menghadapi teror debt collector. Bila benar menunggak atau terlambat bayar, mungkin masih bisa memberikan alasan. Tetapi apa jadinya bila tak merasa berutang, justru ikut terteror. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menghadapi mereka dengan bijaksana:

1. Tetap Tenang: Pertama dan terutama, tetap tenang dalam menghadapi debt collector. Jaga emosi Anda agar tidak terpancing untuk bertindak secara impulsif. Ingatlah bahwa Anda memiliki hak-hak sebagai konsumen yang perlu dihormati.

2. Verifikasi Utang: Mintalah bukti tertulis atau pernyataan resmi yang menyatakan jumlah utang yang harus Anda bayar. Debt collector memiliki kewajiban untuk memberikan informasi yang jelas dan akurat tentang utang Anda. Pastikan Anda memeriksa dan memverifikasi informasi tersebut.

Baca Juga: Diskanak Sumedang: Siaga Pantau Hewan Ternak Kurban

3. Ketahui Hak Anda: Familiarisasi diri dengan hak-hak Anda sebagai konsumen. Di beberapa negara, ada undang-undang yang melindungi konsumen dari praktik penagihan yang tidak adil atau melanggar. Ketahui hak-hak Anda dalam hal ini, seperti hak privasi, larangan pelecehan, atau ancaman fisik.

4. Komunikasi Tertulis: Sebaiknya komunikasikan dengan debt collector secara tertulis. Hindari berkomunikasi melalui telepon yang tidak ada bukti tertulisnya. Pertahankan salinan setiap surat atau email yang Anda kirim dan terima dari mereka. Ini akan berguna sebagai bukti jika ada perselisihan di kemudian hari.

5. Bicarakan Kemampuan Pembayaran: Jika Anda tidak mampu membayar utang secara penuh, bicarakan kemampuan pembayaran Anda secara jujur dan realistis. Usahakan untuk menawarkan rencana pembayaran yang masuk akal berdasarkan situasi keuangan Anda. Beberapa debt collector mungkin bersedia bernegosiasi untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.

Baca Juga: Rumania Daur Ulang 500.000 Botol Plastik Hasilkan Kaos Terbesar Di Dunia

Jika Langkah-Langkah di atas masih belum dapat menyelesaikan permasalahan dengan debt Collector, di sisi lain anda malah merasa terancam oleh teror yang dilakukan pihak Debt Coleector, Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri memberikan tips ketika berhadapan dengan seseorang mengaku penagih utang dan meneror Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Halaman:

Editor: Helmi Surya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x